Total Visitors

Kamis, 17 November 2011

Edisi2_Kompetisiblog_Ayo Indonesia Bisa!!

11-11-11 merupakan tanggal yang sangat spesial tahun ini, bagaimana ga? Tanggal 11 bulan 11 dan tahun 2011 (11 november 2011) banyak orang jadian, married (soalnya tanggalnya langka dan bagus. Tidak hanya spesial tetapi mungkin juga menjadi penanggalan yang sangat istimewa bagi bangsa Indonesia, karena tanggal tersebut menjadi penanda dimulainya perhelatan akbar pesta olahraga se-asia tenggara atau yang lebih banyak dikenal dengan Sea Games (South East Asian Games). Pesta olahraga ini rutin disepakati diadakan setiap 2 tahun sekali sejak tahun 1959, dalam Sea Games ke-26 kali ini Indonesia untuk yang ke-4 kalinya mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah.  Yang menarik walaupun Indonesia tidak termasuk Negara yang mengikuti SEA Games dari awal, namun prestasi Indonesia di kancah olahraga se-asia tenggara tidak bisa dipandang sebelah mata.  Sea Games pertama kali diadakan di Bangkok pada 12-17 desember 1959 dan Indonesia baru berpartisipasi pada tahun 1977.  Ketika itu Malaysia menjadi tuan rumahnya.  Namun sejak bergabung, Indonesia unggul sebagai peraih juara umum sebanyak Sembilan kali, sepanjang sejarah Sea Games.  Indonesia berada di urutan teratas perolehan medali yaitu sebanyak 3934.  Pada tahun 1977 silam saat Indonesia menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya, Indonesia berhasil meraih 194 medali emas.  Di Sea Games yang ke-19 tersebut, Indonesia memperoleh rekor perolehan medali emas terbanyak sepanjang sejarah Sea Games.
Sea Games kali ini di ikuti oleh 11 negara dengan lebih dari 6000 atlet yang akan berpartisipasi di 44 cabang olahraga yang akan diperlombakan.  Tentunya tahun inipun sejarah baru mungkin akan dapat dicapai oleh bangsa Indonesia selaku tuan rumah.  Terlepas dari prestasi yang akan dicapai tentunya usaha dan kerja keras setiap atlet yang berpartisipasi dalam Sea Games tentunya patut mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari segenap bangsa Indonesia. Selain itu ajang kali ini merupakan momen yang tepat untuk lebih memperkenalkan tentang bangsa Indonesia, sebagai ajang mempromosikan kebudayaan dan daya tarik pariwisata yang dimiliki Indonesia. Pemerintah juga tampaknya sadar akan hal tersebut, yang mengesankan mari kita simak sedikit momen saat acara pembukaan Sea Games 2011.
Saat acara pembukaan SBY dan Bu Ani tampak menggunakan busana khas Sumatera Selatan, setelah dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia raya, kemeriahan dilanjutkan dengan penampilan tarian-tarian kolosal oleh anak-anak dan remaja yang melibatkan sekitar 3000 penari.  Pada pembukaan kali ini setidaknya enam tarian ditampilkan dengan berbagai kostum yang mencirikan keragaman Indonesia, lanjutnya Agnes Monica, dkk tampil mengumandangkan lagu Sea Games 2011.  Tak hanya itu, panitia juga menampilkan aksi teatrikal dengan menyiapkan sebuah perahu layar yang menggambarakn Indonesia sebagai Negara bahari, seluruh pertunjukkan terlihat sangat megah karena didukung dengan efek-efek grafis yang memukau. Yang tak kalah menarik juga pertunjukkan pelukis pasir yang menggambarkanbudaya Indonesia. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan memeprtunjukkan defile para atllet dengan iringan miniature mobil sebagai simbol Negara para peserta dimana Indonesia menampilkan candi Borobudur dan komodo dengan balutan kain batik di leher.  Walaupun acara diwarnai dengan guyuran hujan namun akhirnya dapat resmi dibuka dengan pertunjukkan kembang api yang spektakuler. 
  Sungguh luar biasa seandainya kita dapat secara langsung menyaksikan acara pembukaan tersebut.  Dari uraian diatas tentunya banyak makna yang dapat kita dapatkan dari sebuah acara pembukaan yang disusun sedemikian rupa, nampaknya inti dari setiap bagian acara adalah murni untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, dari uraian di atas dapat di ambil makna sebagai berikut,
  1. Pakaian kepala dan ibu Negara menggambarkan pakaian adat khas sumatera selatan yang tentunya menjadi salah satu aset kebudayaan dan kebanggaan rakyat Sumsel.
  2. Penampilan tari-tarian untuk memperkenalkan bahwa Indonesia memiliki berbagai macam kesenian tradisional dengan cirri khasnya masing-masing.
  3. Pertunjukkan perahu layar selain menggambarkan Indonesia sebagai Negara bahari juga dimaksudkan bahwa Indonesia memiliki banyak kekayaan keindahan alam laut yang merupakkan ciri khas Negara Indonesia sejak jaman nenek moyang kita. Contoh yang paling terkenal pasir putih di kuta-bali.
  4. Yang menarik Indonesia menampilkan Candi Borobudur yang telah kehilangan gelar keajaiban dengan komodo yang baru saja menjadi peserta new seven wonders, namun intinya tetaplah dan tentu saja untuk mempromosikan kedua keajaiban tersebut, terutama komodo yang tidak sedikit menuai kontroversi, nampaknya selain Sea Games, kontroversi nampaknya telah lebih dahulu mendongkrak nama komodo sebagai daerah pariwisata yang layak dikunjungi dan dilestarikan. Walaupun banyak uang harus dihamburkan untuk sebuah existensi atau pengakuan. Selain itu komodo merupakan maskot dari Sea Games kali ini.
Terlepas dari uraian di atas tentunya banyak makna lain yang dapat di ambil dari perhelatan akbar ini.  Pembangunan JSC atau Jakabaring Sport City tentunya juga akan membuka sebuah tempat wisata olahraga baru yang tentunya sangat menguntungkan tidak hanya bagi pariwisata itu sendiri namun juga bagi masyarakat sekitarnya, sebuah media bahkan menyebutkan dari pedagang kaki lima,supir angkot juga sektor akomodasi sangat di untungkan dengan adanya pelaksanaan Sea Games, hal ini tentunya diharapkan sebagai awal yang bagus untuk selanjutnya tidak hanya dengan adanya perhelatan kabar namun JSC juga boleh menjadi salah satu aset pariwisata lain di Indonesia.  Mungkin masih banyak makna yang dapat kita ambil dari dari acara Sea Games tersebut tidak hanya bagi sektor pariwisata namun juga bagi sektor maupun bidang lainnya. Namun apapun itu setidaknya saat ini pemerintah telah memaksimalkan seluruh potensi yang ada guna mempromosikkan keindahan dan keanekaragaman budaya Indonesia yang menjadi salah satu daya tarik pariwisata di luar keanekaragaman dan keindahan alamnnya. Saya sendiri sebagai orang Indonesia sangat bangga dengan adanya Sea Games yang diadakan di tanah air tercinta Indonesia. Dengan diadakannya Sea Games di Indonesia maka Indonesia dapat memperkenalkan budaya dan kekayaan alam Indonesia (pakaian adat, makanan khas daerah, budaya, dll) sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Indonesia. Dengan adanya suatu event juga dapat memperbaiki citra Indonesia seperti Afrika yang terkenal dengan kekeringan, kelaparan dan kemiskinan tapi bias diadakan suatu event sepakbola dunia yaitu World Cup 2010 sehingga membuka pandangan lain terhadap Afrika Selatan seperti halnya dengan Indonesia :). Mari dukung Sea Games 2011 di Indonesia. AYO INDONESIA BISA!

Blog ini didukung oleh:

8 komentar:

Dian mengatakan...

AYO INDONESIA BISAAAA!!!
Nice blog infonya cukup lengkap hehe ^^

balimous mengatakan...

GO GO GO INDONESIA!!!!

ishakbeny mengatakan...

indonesia's very spectaculer moment ever. ayo indonesia bisa!!!! #kmrinkalahgppkoq.

EsterEFA mengatakan...

@Dian: Thx Dian.. Ayo INDONESIA BISA!! ^^

EsterEFA mengatakan...

@Balimous: Semangaaat INDONESIA!! ^^

EsterEFA mengatakan...

@Ishakbeny: Yup! Tetap semangaaat INDONESIA! AYO INDONESIA BISA!! Thx all

Yessie Karina mengatakan...

Kereeenn bangeeeett Sea Games 2011!! Apalagi Indonesia dong jadi juara umum! Sumpah bangga banget sama atlet-atlet Indonesia! :)

EsterEFA mengatakan...

@Yessie: Yuhuuu Indonesia keren banget ya dapet juara umum. Kalo ga menang malu dong jadi tuan rumah hehehe. Semoga kedepannya menang terus deh!^^

Posting Komentar