Total Visitors

Jumat, 02 Desember 2011

Edisi4_Kompetisiblog_Makan Yuk Makan!

Wah kalau ngomongin makanan ga ada habisnya deh!
Karna kita butuh makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan ya! :)
Makanan pun beragam ada yang dari appetizer, soup, main course and dessert. Istilahnya nih ada yang dari cemilan dulu, makanan utama, ada sup nya sama makanan pencuci mulut.

Kita mesti bersyukur nih jadi orang Indonesia, karena memiliki banyak pulau, provinsi, suku, ras, kebudayaan yang berbeda, makanan pun jjuga berbeda-beda. Ada yang manis, pedas, asam, asin wah nano-nano deh rasanya! hehe..
Saya ambil makanan khas dari kepulauan. . Dimulai dari Sumatera!
Siapa sih yang gak kenal sama masakan Padang dari Sumatera Barat? Rendang nya yang pedas berwarna kecoklatan itu rasanya... Hmmm maknyos! Kata Mas Bondan :p
Restoran Padang pun sudah banyak kita jumpai hampir disemua kota dan sudah go international loh :)


Pempek Palembang dari Sumatera Selatan juga gak kalah enaknya. Emang bukan makanan utama, tapi banyak orang suka makan pempek karna enak dengan kuahnya yang pedas manis.


Dari Pulau Jawa, makanan pun beragam. Mau yang manis ada Gudeg, makanan khas Jogjakarta.


Mau yang rasanya campur ada manis, pedas, asin bisa cobain Gado-Gado khas Jakarta, tepatnya Betawi :)


Bagi penggemar Durian, kalian bisa ke Kalimantan Barat. Makanan khas tradisionalnya adalah tempoyak. Tempoyak biasanya digunakan sebagai lalapan dengan nasi. Durian hanya dipisahkan daging durian dari bijinya lalu taburkan garam dan disimpan selama 2-3 hari, maka tempoyak siap dikonsumsi :)


Nyaman Banar adalah kue khas Kalimantan. Ada cetakan khusus :)


Pulau Sulawesi karna dikelilingi perairan, maka makanannya banyak menggunakan ikan dan relatif pedas. Seperti makanan khas Sulawesi Utara, Ikan Rica-Rica, Bubur Tinotuan (Bubur Manado) yang menggunakan ikan cakalang fufu dan beragam sayuran.


Di Sulawesi Selatan, Makassar terdapat Coto Makassar yang terkenal. Makanan berkuah bersantan ini menggunakan bahan utama daging dan jeroan sapi yang dimakan bersama ketupat dan sambal tauco.


Terakhir makanan khas orang Papua dan Maluku. Semua pasti tahu dong sama Papeda atau bubur sagu. Makanan yang terbuat dari tepung sagu ini biasanya disantap dengan kuah kuning.


Nah udah lihat kan makanan nusantara? Pokoknya maknyos deh! Hehehe



Didukung oleh:

16 komentar:

daisy mengatakan...

wuuuuih, indonesia emang kaya banget yah sama budayanya, apalagi makanannya. oh ya, kayanya tempoyak(penganan durian) enak tuh.. nanti kalo ke kalbar pengen coba tempoyaaaaaaak ah..

Anonim mengatakan...

Kalau jalan-jalan mank enak ny hunting makanan :P
Ingin rasanya keliling dunia (terutama Indonesia dulu) seperti kakek Bondan, hehe..
Bagi informasi terus ya,, jangan cuma jadi kritikus makanan saja, jadi koki juga donk, ^^

Bless u

EsterEFA mengatakan...

@Daisy: Ayuuk aku juga pengen nyobain tempoyak, nanti kita nginep dirumah Putri hehehe. Makasih Jengdes :)

EsterEFA mengatakan...

@Ko Frans: Itu pekerjaan yang paling efa pengenin jadi kaya Mas Bondan.. Udah keliling tempat terus, makan gratis, masuk tv, dibayar pula lagi! Oalaa haha.. Iya jadi koki dirumah deh :p

Neny mengatakan...

wah,jadi pengen pulang ke papua nih,kangen makan papeda,hha
rasanya terlalu sedih kalo kita lupa akan budaya kita sendiri,terutama makanan khas yang mulai dari sabang sampai merauke...

ishakbeny mengatakan...

Wisata kuliner emank paling maknyos.... Hehehe...

EsterEFA mengatakan...

@Neny: Wah Nen pengen loh aku nyobain papeda. Rasanya emang enak banget ya sampe ngangenin? hehe...

EsterEFA mengatakan...

@Ishakbeny: Ayuuk wisata kuliner :) hehehe

Rani Sastriawan Putra mengatakan...

Kenapa perwakilan Nusa Tenggara gak ada? Tapi karna diatas sudah ada beberapa makanan pedas jadi menurut saya blog kamu sudah mampu mempublikasikan makanan Indonesia itu beragam.

Yessie Karina mengatakan...

BANGGA BANGET JADI ORANG INDONESIA PUNYA KULINER YANG GAK KALAH MAKNYOOSS SAMA MAKANAN LUAR! POKOKNYA ORANG INDONESIA PATUT BANGGA

ayupsari mengatakan...

wah, indonesia emang negara yang kaya ya! ga cuman kaya di bidang pariwisata dan budaya tetapi juga dibidang kulinernya. terbukti banget makanan tradisional di indonesia ini sangat beragam dan menjadi slah satu daya tarik bagi wisatawan. Ayo lestarikan kuliner indonesia jangan sampe ntar di klaim sama negara tetangga *ups hehehe

EsterEFA mengatakan...

@Rani: Hahaha maaf atuh kalo semua dimasukkin banyaaaak banget ran kan tau sendiri Indonesia tuh selain kaya alam, budaya, makanan juga! Hehehe :)

EsterEFA mengatakan...

@Yessie: Hahahaha si Yessie kayanya bener2 BANGGA sampe2 hurufnya teh gede2 semua..! Iya aku juga BANGGA kok :) Makasih ya...

EsterEFA mengatakan...

@Ayupsari: Hahaha nyindir banget jengyu.. Makasih ya jeng komentator setia ^^

Putri mengatakan...

wuuiihhh,, ajibb banget deh makanan khas di setiap daerah yang ada di indonesia,,,,,
apalagi yang dari kalimantan,,hehheheee
*maklum, saya orang dri kalimantan..hehhhee
tpi,, saya gak suka liat DUUURRIIAANNN,,,:P

Agung Dermawan mengatakan...

Indonesia memiliki makanan yang beranekaragam. Gue pengen coba makanan dari Sabang sampai Merauke karena makanan khas Indonesia memiliki cita rasa yang khas dari setiap nusantara.

Posting Komentar